Buku Muatan HOTS Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar

On Juli 26, 2019

Berikut ini adalah Berkas Buku Muatan HOTS Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar format PDF yang bisa di Download Gratis dan lengkap dengan penjelasannya.

Buku Muatan HOTS Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar

Muatan HOTS Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar

Pembelajaran bermuatan HOTs adalah suatu kebijakan yang terintegrasi di dalam ketentuan keharusan implementasi K-2013 dalam tataran praksis di sekolah. Sebagaimana layaknya suatu kebijakan, maka institusi yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, baik dari institusi pelaksana yakni sekolah sampai dengan institusi pembina di daerah yakni dinas pendidikan kabupaten/kota. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran bermuatan HOTs akan senantiasa melibatkan unsur sekolah dan unsur dinas pendidikan kabupaten/kota. Salah satu kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran bermuatan HOTs di sekolah adalah, persepsi yang baik yang ada pada disdik kab/kota dan kepala sekolah tentang perlunya anak melaksanakan pembelajaran bermuatan HOTs. Oleh sebab itu, agar dapat terselenggara secara optimal, implementasi K-2013 utamanya pembelajaran bermuatan HOTs, diperlukan kebijakan dari dinas pendidikan kabupaten/kota yang langsung ‘menukik’ pada pembelajaran bermuatan HOTs. Kebijakan dimaksud, sebaiknya disertai dengan implikasi dan konsekuensi bagi sekolah yang tidak melaksanakannya.

Pelaksanaan pembelajaran bermuatan HOTs di sekolah, belum dapat berjalan secara optimal karena pelaku di lapangan yang dalam hal ini adalah pimpinan dinas pendidikan kabupaten/kota, kepala sekolah dan guru masih minim pengetahuannya tentang pembelajaran bermuatan HOTs. Meskipun buku pelajaran sebagaimana hasil pengkajiannya telah memuat unsur-unsur HOTs, namun keterbatasan pengetahuan kepala sekolah guru tentang pembelajaran bermuatan HOTs, akan menjadi perintang bagi keberhasilan pelaksanaannya di sekolah. Oleh sebab itu, sebaiknya dapat diberikan pelatihan yang difokuskan pada pembelajaran bermuatan HOTs.

Berbagai model pelatihan terkait pembelajaran bermuatan HOTs, telah dikaji oleh berbagai nara sumber. Oleh sebab itu, pelaksanaan pelatihan, dapat mengadaptasi atau mengadopsi dari model pelatihan yang telah ada. Berkenaan dengan pelatihan, biasanya belum bisa secara langsung dapat diimplementasikan di sekolah karena jumlah waktu dan frekuensi pelatihan yang terbatas. Pada kajian ini telah dikembangkan panduan yang memuat tata cara atau strategi tentang pelaksanaan pembelajaran bermuatan HOTs. Oleh sebab itu, sebaiknya model dimaksud dapat ditindak lanjuti menjadi panduan yang siap untuk digunakan oleh kepala sekolah dan guru. Penggunaan panduan oleh kepala sekolah dimaksudkan agar dapat mengarahkan kepala sekolah dalam konteks pembinaan kepada guru di sekolah, sedangkan penggunaan panduan oleh guru dimaksudkan agar dapat memberikan pengetahuan sekaligus memperlihatkan praktek pelaksanaan pembelajaran bermuatan HOTs sehingga dapat diadopsi atau diadaptasi oleh guru.

Selain diperlukan keberadaan pedoman atau panduan, unsur pengawas sebaiknya juga dilibatkan dalam pelaksanaan kebijakan pembelajaran bermuatan HOTs. Hal tersebut karena pengawas pada umumnya melakukan pembinaan dengan cara langsung pada permasalahan pembelajaran di sekolah. Sejauh ini kompetensi pengawas tentang pembelajaran bermuatan HOTs, belum diketahui. Namun karena diperlukan pengawas untuk menjalankan perannya membina sekolah dan guru, termasuk salah satunya adalah yang berhubungan dengan pembelajaran bermuatan HOTs, diperlukan pembinaan langsung oleh pengawas. Oleh sebab itu, pengawas perlu diperkuat dengan cara diikutkan pada pelatihan pembelajaran bermuatan HOTs yang ditujukan bagi pengawas. Demikian pula, untuk menigkatkan pengetahuan guru tentang HOTs dan meningkatkan keterampilan mengajar yang dapat merangsang siswa untuk berpikir sesuai kaidah HOTs, maka perlu diberikan pendidikan dan latihan khusus tentang HOTs dan penyusunan silabus dan RPP, juga dalam pelaksanaannya di kelas. 

Pelatihan pembelajaran bermuatan HOTS dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut, diantaranya: (a) instruktur yang kompeten, (b) peserta pelatihan adalah mereka yang berusia relatif muda, (c) pelatihan dilaksanakan melalui KKG sebagai wadah guru untuk saling bertukar ilmu dan informasi, (d) pendampingan secara terus menerus agar terjadi interaksi positif antara guru dengan pendamping. Karena masih minimnya penerapan model pembelajaran pendukung HOTs, (pembuatan peta konsep, keterkaitan kosep, kolaboratif, analogi dan eksperimen/projek) sebaiknya ada program khusus untuk guru-guru berupa surat edaran yang menekankan penerapan HOTs di sekolah, pelatihan, atau lainnya., berupa keharusan menerapkan model pembelajaran pendukung HOTs antara lainmodel pembuatan peta konsep, model keterkaitan antar konsep baik dalam mata pelajaran yang sama maupun berbeda, atau dengan lingkungan; model kolaborasi, model analogi dan pembelajaran yang memuat percobaan/ eksperimen/proyek. Selain itu, masih perlu adanya pelatihan HOTs secara konseptual dan prakteknya. Hal lainnya, agar kualitas pertanyaan yang diajukan ke siswa lebih bermutu dan lebih mendukung HOTs, guru perlu dilatihkan tentang bagaimana cara menyusun pertanyaan-pertanyaan dalam pembelajaran, bagaimana cara memotivasi siswa agar senang bertanya dan bagaimana pembelajaran bermakna.

Berkenaan dengan buku pelajaran, sebaiknya ada dorongan dari pemerintah agar sekolah menggunakan buku Kurikulum 2013 revisi 2017. Namun seandainya sekolah masih menggunakan buku Kurikulum 2013 cetakan pertama yang tidak memuat HOTs, maka peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran HOTs dapat dilakukan melalui model pembelajaran HOTs.

Download Buku Muatan HOTS Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar

Selengkapnya isi dari berkas Buku Muatan HOTS Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar ini bisa didapatkan semua materinya melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini :
Buku Muatan HOTS Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar
Itulah kiranya berbagi Informasi dan file Buku Muatan HOTS Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »